x

Pages

Mengapa Orang Tibet Bisa Hidup di Gunung Tinggi spt Himalaya?

Sebuah penelitian berhasil mengidentifikasi gen tersembunyi yng bisa menjawab pertanyaan mengapa orang Tibet dapat hidup nyaman di ketinggian dengan udara yng dingin.

Dijuluki sebagai atap dunia, Tibet adalah wilayah tertinggi di bumi, dengan ketinggian rata-rata 4.900 meter (16.000 kaki).

Untuk mengetahui apakah orang Tibet memiliki fitur genetik khusus yng memungkinkan mereka bernapas dengan mudah di tempat-tempat yng tinggi, ilmuwan menganalisa gen dari 31 orang Tibet yng dipastikan tidak memiliki hubungan sedarah. Kemudian mereka membandingkannya dengan DNA 90 orang China dan Jepang yng tinggal di daerah rendah.

Para ilmuwan yng berasal dari China dan Amerika Serikat mengatakan mereka mencari variasi genetik di lokasi sebelumnya studi yng dikaitkan dengan adaptasi akan wilayah ketinggian.

"Dua gen tersebut, dikenal sebagai EGLN1 dan PPARA pada kromosom manusia masing-masing 1 dan 22, muncul secara konsisten," ujar Jinchuan Xing dari Eccles Institute of Human Genetics di University of Utah School of Medicine di Amerika Serikat (AS), seperti dikutip melalui Reuters, Jumat (14/5/2010).

"Peran pasti mereka untuk adaptasi ketinggian memang belum bisa dipastikan. EGLN1 dan PPARA kemungkinan besar mengakibatkan meningkatnya konsentrasi hemoglobin," jelas Xing.

Masyarakat Tibet memiliki kadar hemoglobin darah sangat rendah yng tidak biasa, sehingga mereka dapat hidup di ketinggian. Tetapi baru sekarang para ahli berhasil melacak fitur ini kembali ke gen.

Ketika orang-orang yng biasanya tinggal di dataran rendah mengunjungi Tibet, kekurangan oksigen dalam tubuh mereka dapat menyebabkan penyakit ketinggian, yng dapat berkembang menjadi penyakit jantung fatal atau radang otak.

"Mungkin orang Tibet telah mengembangkan mekanisme pengaturan untuk mengontrol kadar hemoglobin sehingga bisa mencegah efek negatif," tulis Xing.





0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
 

Blogger

Berisi koleksi gambar,foto,berita,wallpaper,video,film,dsb yang berasal dari berbagai sumber. Sumber: dari pencarian google, blogwalking, website luar manca negara maupun website domestik. Jika anda merasa hak cipta anda dilanggar, maka anda berhak mengirim keberatan dan kami akan segera menghapusnya, dengan catatan kami akan menyelidikinya dulu, setelah itu akan kami tindak lanjuti. Terima kasih

Daftar Blog Saya

Badges

Indonesiana - Peringkat Blogger Indonesia
BloggingGratis Top 1,000,000 Sites : Blog With Dofollow